Monday, January 14, 2008

Kyoto

Selama tinggal di Osaka 1,5 bulan, saya 4 kali mengunjungi kota Kyoto. Dari Osaka ke Kyoto bisa ditempuh dengan densha JR line dari stasiun Shin Osaka sampai di stasiun Kyoto ongkosnya 540 yen, atau dengan Hankyu line (390 yen) sampai di stasiun Shijo dekat Karawamachi (bisa jalan kaki ke Kodai-ji dan Kiyomizu-dera). Sampai di Kyoto beli aja one day tiket bus, karena di Kyoto jaringan subway-nya gak terlalu banyak seperti di Tokyo atau Osaka. Jangan lupa minta map-nya yang eigo version (bhs Inggris). One day ticket disana 500 yen untuk naik bus sepuasnya selama 1 hari di kota Kyoto. One day tiket untuk subway juga ada (600 yen), tapi sepertinya gak perlu lah, krn jaringan bus sudah mengcover hampir seluruh bagian kota Kyoto. Kyoto adalah kota budaya Jepang, juga kota pelajar. Universitas Kyoto bukan saja sangat terkenal di Jepang tapi juga di dunia. Ada beberapa penerima Nobel Prize berasal dari Univ. Kyoto. Di Kyoto banyak peninggalan sejarah, rumah-rumahnya juga banyak yang masih model lama. Dulu Kyoto pernah jadi ibu kota Jepang sebelum dipindah ke Tokyo. Kalau ke Kyoto, Kiyomizu-dera, Kinkaku-ji Temple (Golden Temple), dan Nijo-jo (Nijo Castle) sepertinya tidak boleh dilewatkan! O..ya di Kyoto untuk pertama kalinya saya melihat salju turun dari langit (di Eigamura). Sepertinya waktu itu (Jan 13' 08) suhu di Kyoto tidak terlalu dingin, tapi salju turun begitu indahnya....

Sebetulnya baca peta di Jepang tidak terlalu sulit, karena sudah sangat jelas. Tapi untuk turis asing yang baru pertama kali ke Kyoto, untuk baca jalur bus saja .. ya lumayan buat confuse lah. Bisa nyasar kemana-mana seperti anak-anak muda ini....






Pakaian perang diatas bisa dilihat di Eigamura, juga aksi panggung teatrikal ninja yang salto-salto dari ketinggian 3~4 meter, betul-betul bisa kebayang deh ninja dulu itu seperti apa..?



The Golden Temple (Kinkakuji) dan tangga turun dari Kinkakuji, juga ada tempat buat rehat melepas pegal-pegal sambil makan udon (mie) dan minum ocha (teh hijau Jepang).
Kinkakuji itu dilapisi emas asli yang...gak tau deh berapa banyak. Yang jelas gak sembarangan orang bisa masuk kedalamnya kecuali orang-orang sekelas George Bush dari Amerika sana...



Taman di dalam Nijo Castle.


Nijo Castle. Di tempat ini di deklarasikan perpindahan ibukota Jepang dari Kyoto ke Tokyo.



Kyomizu-dera yang sangat terkenal itu...tujuan turis no.1 di Kyoto.
Kyomizu-dera adalah temple Budha yang dibangun disisi tebing terjal diatas bukit.

Bambu-bambu runcing ini dipasang di bawah Kyomizu-dera. Tujuannya supaya orang-orang tidak masuk area dibawah temple, dikhawatirkan bisa merusak pondasi kayu bangunan tersebut. Kalau gak salah usia Kyomizu-dera sudah sekitar 800 tahunan!

Ini apa ya? Photo diambil dikompleks Kyomizu-dera...
Katanya sih ini adalah wish list dari orang-orang yang sudah berdoa di temple ini, ditulis di papan kosong trus digantung aja disitu (ditempat yang sudah disediakan).






Masih disekitar kompleks Kyomizu-dera.

Kipas-kipas ini dijual ditoko-toko souvenir disepanjang jalan menuju Kyomizu-dera. Juga banyak items souvenir yang lainnya.

Dijalan menuju temple, ada restoran yang punya taman seindah ini...


Lorong-lorong jalan menuju Kyomizu-dera. Rumah-rumahnya banyak yang masih kuno.

Becak Jepang. Masih sangat manual...
Gerbang Kodai-ji


Kodai-ji

Maiko-san.

Karasu (burung gagak). Di Jepang banyak sekali burung gagak.


Masih di seputaran Kodai-ji

No comments: