Tuesday, April 06, 2010

Singapore Zoo

Ada yang bilang Singapore Zoo adalah zoo terbaik no.2 didunia setelah San Diego Zoo di Amrik sana. Wow kedengarannya fantastic ya...?!
Tapi memang tempat ini sungguh istimewa. Sangat tertata dengan baik dengan displaynya yang "open concept" pengunjung seakan-akan berada di alam yang sama dengan para animal itu, terasa dekat. Kesan lainnya, tempat ini terasa adem, hijau dan bersih, pasti akan menjadi pengalaman yang sangat mengesankan sukar dilupakan...weleh-weleh....tapi iya kok!
Si Timmy aja taunya Singapore itu adalah Zoo disamping Merlionnya. 2 tahun lalu kami sudah pernah kesini, dan dia gak pernah lupa tempat ini. Kami sebenarnya gak punya rencana ke zoo karena sudah pernah sebelumnya selain admission fee sgd 60 untuk kami ber-4, lumayan juga yah, hehe...tapi karena si Timmy merengek-rengek terus tetap minta ke zoo, apa boleh buat lah...
Zoo-nya sendiri sebenarnya tidak terlalu luas, mungkin cuma setengahnya Ragunan saja, tapi packagingnya sangat baik sekali, world class! Kalau ingin ketempat ini, biasanya ke Ang Mo Kio MRT dulu, kemudian nyeberang diterowongannya dibawah jalan raya menuju Ang Mo Kio bus station. Nah, tinggal naik bus no. 138 langsung menuju zoo diperhentian terakhirnya.
Admission feenya sgd 18 untuk dewasa dan sgd 12 untuk anak-anak diatas 3 tahun. Kami sempat nego kalau si Timmy yang sudah 3,5 tahun bisa free masuknya, tapi tetep aja gak bisa, harus bayar!
Selain tiket masuk zoo, bisa juga sekalian tram (kereta keliling) dan naik boat di danaunya. Mungkin harganya jadi lebih murah kalau paket, tapi kami gak peduli, hanya bayar untuk masuk zoonya saja. Ada juga paket zoo dan night safari ditempat yang sama, atau zoo dengan Bird Park di daerah Jurong, atau paket ketiganya; zoo, night safari, dan bird park, tentu dengan harga yang lebih hemat. Silahkan langsung ke websitenya aja untuk lebih detail.
Koleksi animal disini sangat exotic yang biasanya cuma bisa kita lihat di majalah atau televisi, pasti merupakan pengalaman yang mengesankan bila melihatnya secara langsung. Para pengunjung dilarang memberikan makanan ke koleksi binatangnya, tapi ada jadwal feeding time dimana pengunjung dapat memberikan makanan ke hewan dengan membayar biaya tambahan yang umumnya sgd 5 sepaket makanan. Komersil banget ya...?!
Tapi coba bayangkan anda kasih makan pisang atau potongan melon ke Rhino yang besar dan kelihatannya liar tersebut? Pasti seru kan...? Disamping pengalaman memberikan makanan langsung ke hewan liar, ada juga atraksi atau pertunjukkan hewan pada waktu feeding time seperti di Splash Safari (Splash Amphitheatre), ada african penguins, pelican, dan sea lion yang mencipratkan air kolam ke arah pengunjung. So, jangan terlalu dekat, nanti kebasahan! Yah, cukup menghibur lah...
O ya, di Ang Mo Kio bus station, saya minta MamiLukas beli makanan untuk makan siang kami di zoo. Tapi saat MamiLukas intip food courtnya di dalam zoo, ternyata harganya gak beda-beda banget sama yang di Ang Mo Kio sekitar sgd 3 saja, hehe...


With Tarantula...

Didekat pintu masuk ada primata unik ini...

Primata ini berkeliaran dimana-mana, didekat kandang ularpun dia nongkrong dipagarnya.


Proboscis Monkey.



Polar Bear.

Kasih makanan ke Rhino, bayar sgd 5!



Banyak anak-anak primary school saat kami kesana.


Kasih makanan ke Jerapah juga bayar sgd 5!

Lukas & Timmy cuma dipisahkan dengan kaca dari Leopard muda ini.

Mau yang ijo-ijo..?!

Iguana.

Giant Tortoise.

Ini namanya apa?

Crocodile.

Sejenis bebek?

Di Fragile Forest, ini binatang apa ya...lambaaaat sekali pergerakannya!


Ring tail lemur, King Julien..."I like to move it..move it", Madagaskar

Ini juga gak tau namanya..?




Free ranging Orang Utan island. Orang Utannya bebas bergelantungan di pohon-pohon dan tali yang diikat antar pohon, melebihi atau keluar dari kandangnya.

Zoo direction.


Green.

To be continued...

No comments: