Sunday, February 14, 2010

Berhati-hatilah Dalam Bernegosiasi

Seorang pengusaha sedang asyik memancing di sebuah danau terpencil dan berhasil menangkap seekor ikan berwarna perak. Ternyata itu adalah ikan ajaib. Ketika ditarik ke atas perahu, ikan itu berkata, "Tolong, Aku akan mati bila tidak segera kau kembalikan ke dalam air. Sebagai imbalannya aku akan mengabulkan tiga permintaanmu.

"Hemm, aku ingin enam permintaan," kata pengusaha itu menawar."

"Aku tidak memiliki cukup kekuatan," kata ikan perak itu sambil terengah-engah. "Cepat! Katakan tiga permintaanmu."

"Tidak. Aku hanya mau menerima empat permintaan. Empat permintaan adalah tawaran minimumku," jawab pengusaha.

"Ayolah," ikan perak itu mulai kehabisan nafas. "Aku tak tahan lagi. Aku hanya bisa mengabulkan tiga permintaanmu. Katakan apa yang kau inginkan. Cepat!"

"Baiklah," kata pengusaha itu sambil menghela nafas, "Kau menang, tapi kau harus mengabulkan semua permintaanku sebelum aku mengembalikan kau ke dalam air. Setuju?"

Tidak ada jawaban. Ikan perak itu tergeletak dengan tenang di atas lantai perahu, mati.

-author unknown-

No comments: