Thursday, August 28, 2008

Jemput Lukas ke Sekolah

Cuti 5 hari gak kemana-mana, dirumah aja. Tidur-tiduran aja. Ngebrowsing aja. Nonton TV n' makan-makan aja. Weleh, capek juga ya...! Plis deh...
Emaknya Lukas juga udah protes, ke ancol kek...ke taman safari kek...ke bogor kek...hmm...
Sekali-kali bikin libur sendiri, males-malesan dirumah n' bikin bini bete hehe...
Paling-paling juga ngantar n' jemput si Lukas ke sekolahnya, keluar rumah, jalan sekitar 70 meter nyampe deh. Tapi lucunya, Lukas pernah bilang ke emaknya minta dijemputin pake mobil...lha??! Duh, itu yang namanya TK Bhakti kalo pagi, susahnya cari parkiran...satu anak TK dianter sama emaknya atau nanny.nya n' sopir dengan satu mobil. Di TK Bhakti, ada kali sekitar 200-an anak yang hampir 70%.nya dianterin pake kendaraan pribadi. Pantesan aja Jakarta jadi begini...begini gimana??!
Yang nganterin juga nungguin sampe sekolahnya bubar, trus ngapain? Ya, bergosip lah, ngobrol-ngobrol, cerita-cerita, arisan, ada juga yang bisnis jual beli barang...walah...?? Siapa yang masak n' beresin rumah?
Kalau di Jepang, saya pernah lihat anak TK pergi ke sekolah barengan sama abangnya yang sudah SD (paling beda umur 2~3 tahunan.lah), naik subway. Mereka selalu gandengan tangan. Abangnya nganterin adeknya dulu, trus baru kesekolahnya. Begitu juga pulangnya, abangnya jemput adeknya trus pulang naik subway lagi. Rata-rata anak disana pergi ke sekolah gak dianterin. Kayaknya polanya begini; mulai dari anak yang rumahnya paling jauh, harus bangun lebih pagi, trus jalan kaki sendiri ke rumah temennya yang paling dekat yang satu sekolah (gak harus satu kelas), trus berdua jalan lagi ke rumah temannya yang lain yang satu sekolah juga yang sama-sama satu arah, sampai akhirnya berombongan sampai kesekolah. Kalau harus naik subway, berombongan naik subway. Pulangnya juga begitu, yang satu arah pulang, saling menunggu n' pulang seperti waktu berangkatnya. Berombongan jalan kaki! Kalau naik sepeda juga begitu, berombongan sama-sama naik sepeda. Jarang yang jalan sendiri, apalagi dianter pakai mobil ke sekolah. Bapaknya kerja, emaknya masak n' beres-beres rumah trus siangnya kerja part time nambah penghasilan keluarga (ini saya tanya sendiri ke keluarga Jepang temen saya waktu saya bertamu kerumahnya). Saya sering melihat hal ini waktu disana dan yah mengamati juga pola mereka. Hebat!

Kerjaan anak-anak TK Bhakti

Pulang sekolah

Kendaraan spesial sudah siap menunggu diluar

Penjual mainan juga sudah menunggu

Beli ikan...

Layangan...layangan...

Payung...payung...bola...bola...

Timmy jemput abangnya

Sekalian main-main juga ah....



Eh, ada anak kecilnya lho satu lagi...dimana hayo?


Aku anak Indonesia bukan anak Jepang, hehe...

Nih dia, kalau di Jepang kayak begini...



No comments: