Saturday, October 15, 2011

Esplanade dan Helix Bridge

Dari Cozy Corner kira-kira berjalan kaki sekitar 15~20 menit anda sudah bisa sampai di Merlion Park. Merlion Park apa ya? Itu lho, tempatnya patung kepala singa ikon kota Singapura. Gak perlu diceritakan ya mengenai ini, lihat aja postingan sebelumnya dalam category link "liburan ke Singapore" yang ada di side bar blog ini.
Untuk menuju ke Merlion Park dengan berjalan kaki dari hostel, semestinya kita akan melewati lorong under pass yang tembusnya di Esplanade. Sebetulnya tempat apa sih Esplanade itu?
Esplanade adalah gedung theatre tempat pentas pertunjukan seni yang terkenal di Singapura atau bahkan untuk kawasan Asia. Silahkan cek di website-nya aja langsung untuk mengetahui event apa yang sedang show disana. Disamping pertunjukan theatrical, digedung itu juga sering dipamerkan berbagai art exhibition seperti lukisan, seni instalasi, dsb.
Jadi apa yang bisa dilihat disana? Well, ya itu tadi... gak jauh dari bidang seni!
Di waktu-waktu tertentu, kalau sedang beruntung, Esplanade juga suka mengadakan konser/festival musik di luar gedung durian itu. Dengan seting panggung tenda permanen open air di pinggir bay, background gedung-gedung bertingkat dan Merlion Park di kejauhan.. asyik kan.. n' so, bisa dinikmati gratis..!
Karena saya sudah beberapa kali ke Merlion Park, jadinya kepingin menelusuri jalur sightseeing yang berbeda. Kami berjalan di sepanjang sisi Esplanade dengan pemandangan Merlion di kanan dan Marina Bay di sebelah kirinya. Kebetulan waktu itu sedang ada event Youth Festival disana. Segala kreativitas anak muda Singapura di eksploitasi habis-habisan disitu. Ada juga beberapa kelompok anak muda undangan dari beberapa negara lainnya yang perform segala macam kreasi imajinasi mereka. Macam-macam ajalah kelakuan mereka... nyeleneh!
Puas nonton band, destinasi selanjutnya adalah Helix Bridge; jembatan yang menghubungkan sisi bay yang segaris dengan Esplanade itu dengan Marina Centre diseberangnya. Oya, sebelumnya isi tangki dulu di hawker centre yang berada tepat di seberang hotel Mandarin Meritus gak jauh dari si gedung durian. Gak murah amat sih, tapi tergolong ordinary lah.. dibanding kalau kita makan di cafe-cafe di Esplanade tadi.

Helix Bridge sendiri tergolong ikon baru yang langsung terkenal, diciptakan oleh pemerintah Singapura dengan cerdiknya sebagai salah satu daya tarik wisata mereka. Bentuknya yang tergolong unik seperti anyaman pilar-pilar dari baja dengan warna chrome yang menarik. Apalagi di waktu malam, ditambah dengan sinar lampu berbagai warna yang silih berganti menyoroti pilar-pilar itu, wah... pokoknya gak ada di Indonesia lah, hehe...
Jembatan ini hanya diperuntukkan untuk para pejalan kaki saja ya.. konstruksinya dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat artistik tapi tidak terlalu rigid. Kalau ada beberapa orang dewasa yang berjalan beriringan diatasnya, jembatan itu berayun-ayun seperti seakan-akan kita berjalan di atas jembatan gantung.
Ya begitulah Helix Bridge. Asyik juga foto-foto diatasnya...


To be continued..



Seni instalasi yang terpasang di lorong under pass dan di dalam Esplanade-nya sendiri.


Esplanade si gedung durian.

Marina Bay.

Esplanade adalah theatre on the bay...

Band yang perform di panggung open air di luar si gedung durian.


The Helix Bridge. Jembatan ini diresmikan pada 24 April 2010.

View diambil dari atas Helix Bridge.

Barisan gedung-gedung dibelakang Fulerton Hotel atau Merlion Park. Foto diambil dari belakang tenda open air disamping gedung durian.


No comments: