Wednesday, October 12, 2011

Bugis dan Arab Street

Kami belum pernah ke Arab Street di Singapura sebelumnya, tapi menurut hasil googling, tempat ini cukup menarik juga untuk di explore.
Karena kami menginap di daerah Bugis, lihat di peta sepertinya itu gak terlalu jauh tempatnya. Ternyata betul, jalan santai aja sambil lihat-lihat juga gak terasa sudah sampai di area kampung Arab. Kita akan melewati sederetan ruko-ruko yang menjual grosiran barang kebutuhan sehari-hari. Mulai alat-alat dapur sampai lauk pauk yang diawetkan seperti ikan asin! Antara Bugis dan kampung Arab, kita juga akan melewati terminal bus antar kota yang menuju kota-kota di Malaysia seperti Johor, Melaka, ataupun Kuala Lumpur, atau mungkin ada juga yang ke Thailand ya..?
Suasana atau bangunan di kampung Arab sebetulnya gak beda-beda jauh dengan perkampungan lainnya di Singapura; bangunan seperti ruko 2 atau 3 lantai. Hanya saja di kampung Arab, produk yang banyak di jual ditoko-tokonya adalah produk dari timur tengah sana seperti karpet dan permadani, juga bahan kain untuk pakaian, dsb. Restorannya juga banyak masakan dari timur tengah dan dilengkapi penghisap sisha di tiap mejanya.
Di tengah-tengah kampung Arab, ada masjid yang cukup besar, dan disekitar masjid itu kalau di bulan ramadhan seperti saat kami kesana itu, banyak penjual kue-kue tradisional dan juga makanan untuk persiapan buka puasa. Pedagang souvenir juga cukup banyak disini. Suasana di kampung Arab cukup asri, enak juga buat jalan-jalan sore sekedar sightseeing saja...
Kalau anda dirumah suka nonton TV channel "Red", salah satu iklan intermezzo tulisan "Red" dari bohlam-bohlam lampu merah yang bergantungan di tiang yang berdiri ditengah jalan itu adalah di Kampung Arab dengan latar belakang masjid itu (tapi gak terlihat karena gelap/malam hari).

To be continued...







Ini di Bugis Junction. Ada air mancurnya di luar mal. Kalau panas terik gak karuan, anak-anak gak kuasa menahan diri untuk main-main air disitu..

Trishaw disamping pasar Albert Centre di Bugis.

Pasar Albert Centre. Makanan di Hawker center-nya relatif lebih murah lho...

1 comment:

Anonymous said...

http://3.bp.blogspot.com/-Vvcr28HUmWM/TprsA_KvtLI/AAAAAAAAJN4/QYiTTJLGca8/s1600/DSC_0745.JPG

itu di bugis jalan apa ya?


-may