Tuesday, December 01, 2009

Pulang

Day-4, November 29' 2009
Ini hari terakhir liburan kami ke Melaka & KL.
Bangun pagi-pagi langsung mandi, gak perlu antri karena kami sudah pake kamar masternya Riyani Wong apartment. Finishing beres-beres, tadi malemnya juga, selesai langsung keluar lagi.
Tiket flight ke Jakarta adalah pk 1.25, masih bisa setengah hari "pusing-pusing" KL.
Jalan ke arah belakang KL Plaza dulu cari butik coklat Beryl's Chocolate Kingdom di jalan Imbi. Eh, ternyata gak jauh dari apartemen itu. Jalan kaki mungkin cuma 5 menit sudah sampai.
Tapi gak jauh berjalan ke belakang KL Plaza, ada yang jual nasi lemak (nasi uduk) dengan berbagai macam lauknya.
Sarapan dulu ah...
Bungkus 2 nasi lemak dengan lauk serundeng daging sapi, kerang, mie, telor dan sayuran, sebungkusnya RM 4 saja. Nasi lemaknya dibungkus, tapi kita makan disitu, disediakan mejanya, gak pakai piring, ya dibungkusan itu aja dengan sendok plastik...
Minumnya pesen ke warung yang lain, orang India. I pesen tea aja lah 2 gelas. Dateng deh teh tarik, RM 1.2 segelasnya. Trus emaknya Lukas pesen lagi tea with ice, RM 1.5.
Waktu kita pesen nasi lemak itu, skalian kita tanya jalan Imbi mau ke butik coklat, eh penjual nasi lemaknya tanya kita dari Indonesia ya...? Ya! (dia gak bilang Indon lho...) Indonesianya mana? Jakarta. Jakartanya mana? Jakarta Barat. Kebon Jeruk?
Lha, dia tahu tuh Kebon Jeruk...?! hehe...


Nasi lemak, RM 4 seporsi, tea RM 1.2 segelas

Nyebrang jalan Imbi ke arah taman, ada kedai chinese yang kelihatannya ramai, sayang gak pernah dicoba...

Sampai di butik coklat, eh butiknya belum buka. Trus kemana dong?
Coba naik taksi ah ke dataran Merdeka. Cegat taksi langsung tawar dari RM 5 sampai RM 7, taksinya minta RM 10. Ogah ah! Ya udah pake meter aja ya katanya. OK de...
Setelah naik, sebelum jalan emaknya si Lukas pake logat melayu (dia kan orang Medan) bilang ke supirnya, "tak payah pusing-pusing pakcik!". Maksudnya langsung ke tujuan aja, jangan pake acara muter-muter segala, :-)
Taksi sampai didataran Merdeka, "meter"nya menunjukkan RM 6.9, hehe...



Dataran Merdeka

Katedral Kuala Lumpur, hari minggu ada misa

Puas mengeksplor dataran Merdeka yang merupakan lapangan terbuka didepan Sultan Abdul Samad Building yang sekarang jadi kantor Ministry of Heritage, Culture and Arts-nya Malaysia, balik lagi ke jalan Imbi untuk beli coklat. Stop taksi, "jalan Imbi pakcik, berape?" 5 ringgit. Yup, naiklah kami ke taksi semuanya diantar ke butik coklat itu, sampai didepan gerbangnya.
Emaknya Lukas kalap lihat coklat sebegitu banyaknya, langsung ambil keranjang. Tapi langsung gw pelototin, hehe...
Belanja coklat habis RM 84, waduh..! Alasannya buat temen-temennya si Lukas disekolah.



Coklatnya mahal-mahal!!

Selesai belanja coklat, jalan kaki ke apartemen. Langsung cabut ke bandara.
Keluar dari apartemen, coba cegat taksi ke KL Sentral, gw bilang tawar RM 5, hehe...
Taksinya minta RM 15 sampai 20. Wah...naik monorail aja deh!
Jalan kaki sedikit, sampai di stasiun monorail Bukit Bintang. Beli tiket RM 2.40 untuk ber-4, melewati 4 stasiun baru sampai ke KL Sentral, lumayan jauh kayaknya...

"SALE" didepan the Pavilion

Suasana jalan Bukit Bintang

Sampai di monorail KL Sentral, nyebrang ke arah terminal Skybus, waktu sudah hampir pk 12 siang, sementara ticket flight di pk 1:25, belum urusan imigrasi dsb, wah gimana ini...?
Lari-lari ke bus, takut terlambat...kalo terlambat bisa-bisa nunggu lagi keberangkatan bus berikutnya tiap setengah jam sekali, berabe deh!
Untung busnya belum jalan, pk 12:10 baru bergerak. Kami naik tanpa bayar lagi, karena sudah bayar include tiket pesawat Air Asia.
Kira-kira 1 jam sampai di LCCT. Antri boarding & bagasi, selesai, keluar dulu cari kaos suvenir buat temennya emak Lukas, RM 16. Trus masuk lagi, antri stempel imigrasi. Langsung ke ruang tunggu keberangkatan pesawat.
Tunggu...tunggu...tunggu...eh pesawatnya didelay hampir 1.5 jam, payah!! Ya udah, cari makanan dulu lah. Keluar ruang tunggu cari makanan, dapat roti dan minuman soya.
Pesawat akhirnya take off sekitar pk 3-an. Order makan n' minum di pesawat, RM 19. Makanannya lebih murah dari diruang tunggu bandara LCCT lho..!
1.5 jam flight, landing deh di Soekarno Hatta airport Jakarta.
Antri imigrasi lagi, stempel lagi, trus ambil bagasi, keluar, sampai deh.
Sebelum pulang, kami makan dulu di Tony Jacks (better than that one), yang ternyata gak bener! Gak better that that one! Nasinya keras, Tony Jacks yang di terminal 2 banyak kecoanya jalan-jalan di kaca tempat cuci tangan, hii...iiii Rp 42 rb untuk 3 porsi nasi ayam dan 2 botol air mineral.
Naik taksi Gamya, Rp 100 rb sudah sama tolnya.
Kembali ke dunia nyata lagi deh... :-)

Di LCCT Kuala Lumpur

2 brothers

Pengeluaran hari ini:
1. Sarapan nasi lemak, 2 x RM 4 + tea, 2 x RM 1.2 + tea with ice RM 1.5= RM 11.9= Rp 33.500,-
2. Taksi dari jalan Imbi ke Dataran Merdeka, RM 6.9, bayar RM 7= Rp 19.500,-
3. Taksi dari dataran Merdeka ke Beryl's Chocolate Kingdom, RM 5= Rp 14 rb
4. Belanja coklat, RM 84= Rp 235 rb
5. Monorail dari Bukit Bintang ke KL Sentral, RM 2.40= Rp 6.500,-
6. Beli kaus suvenir di LCCT, RM 16= Rp 45 rb
7. Beli biskuit di LCCT, RM 8= Rp 22.500,-
8. Beli roti dan minuman soya di LCCT, RM 9.85= Rp 27.500,-
9. Makan Uncle Chin's chicken rice di pesawat, RM 9= Rp 25 rb
10. Minum tea-o di pesawat, 2 x RM 5=RM 10= Rp28 rb
11. Makan Tony Jacks di terminal 2 Soekarno Hatta, 3 porsi nasi ayam+ 2 air mineral, Rp 42 rb
12. Taksi dari bandara ke rumah, Rp 100rb

Total pengeluaran hari ini= RM 163.15+ Rp 142 rb= Rp 457 rb+ Rp 142 rb= Rp 599 rb
Total pengeluaran 3 hari sebelumnya= Rp 3.808.500,-
Total biaya liburan 4 hari 3 malam, 4 orang, Melaka & Kuala Lumpur adalah
Rp 4.407.000,- (RM 701.2 + Rp 2.442.000,-)
Biaya all in semuanya, tidak terkecuali!!

8 comments:

Anonymous said...

wah , membaca tulisan papi seperti saya ikut jadi backpaker juga, kapan yah bisa napak tilas kaya jalannya papi lukas, seru kali berdua aja sama si ny, he he he . selamat malam papi lukas, yua are the best.....salam
baloghelmi

papilukas said...

Waduh, kalo pak balog sih gak cocok backpacker-an deh...
Kalau kami kan karena keterbatasan dana tapi memang suka jalan-jalan, jadi ya terpaksa backpacker begitu.
Tapi bapak boleh juga sih coba gaya orang muda seperti kami ini, asyik juga lho pak, hehe...
Salam pak balog, GBU

oktina said...

papi lukas..
aku suka baca trip2nya keluarga lukas dan mmg mnginspirasi aku utk jalan-jalan ke negara2 tetangga. i did visit KL last year too.
btw di website air asia, ada keterangan rate nya suda trmasuk pajak bandara. apaka ini mksdnya airport tax yg rate nya skitar Rp100 ribu-an itu ya? soalnya waktu kmrn ke KL, di airport sini, aku diminta tambahan utk airport tax. mohon info nya ya. makasi.

papilukas said...

Ya, biaya tiket itu sdh termasuk pajak bandara disana. Jadi kita cuma bayar airport tax Soekarno Hatta utk keberangkatan LN Rp 150rb per tiket. Sedangkan pulangnya gak perlu keluar uang tambahan lagi krn sdh kita bayar include di harga tiket Air Asia itu.
Rgrds,

Anonymous said...

thanks banget infonya papilukas, singkat, padat, dan mengerti banget... tob banget. saya sering baca ga pernah bosan2... wkkkkk

best Rgrds,
papi nita

Anonymous said...

saya mau jj ke spore lnjut KL kyk papilukas. tp utk akomodasi kyknya mnding cr hotel yg ada bfastnya ya.. mumpung anak baru 1 umur 3thn jd msh bnyk gratisan hehehe.. bawa2 stroller gitu ga ribet ya?

papilukas said...

Ya, puas2-in kl anak msh balita, msh bebas, gak tergantung jadwal sekolah. Bawa stroller sangat berguna banget, gak ribet kok, kan tinggal didorong bukan ditenteng. Pilih stroller yg simple aja, jangan yg ribet!
Rgrds,

Jerson said...

setelah berhasil backpackeran ke Phuket dengan bantuan FR nya papilukas, sekarang saya coba serap info trip papilukas yang ke KL nih..

saya dpt tiket CGK -KL 20rb saja PP nih papilukas.. hhehehe

mau tanya nih..
ke daratan merdeka itu bisa naik monorail/bus gak sih? trus kalau ke Selangor kira2 naik apa ya??