Sunday, May 03, 2009

Liburan Ke Bali - 1

Liburan kami ke Bali kali ini sungguh tak enak!!
Dimulai dari agak susah mencari penginapan dan sewa mobil, sampai ada berita duka di hari ke-2 kami disana; temen deket papilukas, Yusuf Wahyudi meninggal dunia karena kecelakaan.
Jadinya, 2 hari pertama itu kami lebih banyak bengang bengong di penginapan dan pantai Kuta yang gak jauh jaraknya dari penginapan (Kedin Inn-1), sekitar 100m ke pantai.
Karena booking hotel dan rent car gak dapat juga, akhirnya kami "go show" aja langsung berangkat ke Bali, lihat nanti aja hotel dan sewa mobilnya.
Sampai di bandara Ngurah Rai, cari taksi menuju Kuta. Tipsnya, jangan naik taksi di bandara...lho..?? Iya, pokoknya begitu kita selesai ambil bagasi trus keluar terminal, langsung banyak orang yang nawarin taksi! Ada yang taksi resmi ada yang partikelir. Taksi resmi dari bandara ke Kuta tarifnya dipatok Rp 50rb. Yang partikelir gak jauh berbeda. Nah kalau mau bedanya agak banyak cari taksi diluar bandara! hehe...
Iya, kami kemarin seperti itu, cari aja taksi blue bird pake argo tapi nyetopnya diluar bandara. Cuma jalan sedikit kok, paling sekitar 100 meter! Kemarin itu malah sebelum keluar areal bandara, diparkiran sudah ada taksi yang nongkrong nawarin jasa. Pake argo resmi ya pak..? Ya pak, argo resmi gak apa-apa.. Ya udah, naik deh. Taksinya bukan blue bird, jalan keluar nyari taksinya gak sampe 100 meter. Dari bandara ke Kuta argonya menunjukkan Rp 16rb. Kasih Rp 20rb, bereees deh...hehe... Lumayan ngirit Rp 30rb!
Kenapa ya agak susah booking rent car dari Jakarta kali ini? Mungkin sejak di Thailand ada gejolak politik, para turis-turis itu jadinya memilih Bali untuk tujuan liburannya, termasuk saya...hehe...Bali penuh dengan turis-turis bule!!
Biasanya kalau ke Bali, kami booking mobil dari Jakarta. Deal harga, minta dijemput ke airport Ngurah Rai, serah terima kendaraan di bandara; waktu datang dan waktu pulanginnya. Jadinya irit biaya taksi, lumayan kan...
Dengan term seperti ini, sebelumnya (sekitar 2 thn lalu), sewa Avanza Rp 165rb, Karimun Rp 135rb perharinya, bawa mobil sendiri.
Nah, kemarin itu, setelah 2 hari cuma seputaran hotel, akhirnya hari ke-3 dan ke-4 kami sewa mobil Karimun Rp 125rb perharinya (kok malah lebih murah ya...?). Ya tawar aja, jangan grogi nawarnya. Beberapa rent car yang saya tanya sepanjang jl. Popies 1, pasaran sewa mobil adalah; Rp 80rb~100rb utk Jimny Katana, Rp 125~150rb utk Karimun, dan 175~200rb utk Avanza/Xenia. Kemarin itu saya dapetnya di Gede's Rent Car, Poppies Lane I - Kuta, telp.nya: 0361-752847 atau 0812-3922388. Mobil karimunnya lumayan, cuma sebelum terima mobil sebaiknya cek keadaannya dan yang penting cek bensinnya!! Kemarin waktu terima bensin sudah rest banget, parah..cuma bisa sampai ke pom bensin doank...
Tapi no problem, tipsnya, jangan langsung isi bensin banyak-banyak, kemarin saya ngisinya sampai 3x;  50rb, 40rb, dan terakhir 20rb untuk pemakaian total sekitar 230-an km. Sebelum jalan, km kita nol-kan dulu, jadi kita tahu berapa km yang kita pakai, dan kita bisa mengira-ngira berapa liter bensin yang harus diisi untuk Suzuki Karimun (kira-kira 1lt bisa 10~12.5 km).
Perhitungan bener ya...? Ya iya lah...karena memang begitu, kalau kita lebihkan bensinnya, mereka akan pakai bensinnya dan mendapatkan value dari itu. Penyewa berikutnya mendapatkan bensin rest lagi...
Tapi mungkin gak semua begitu...
Penginapan, kita dapatnya di Kedin Inn-1, jl. Poppies Lane I, Kuta, ph 0361-756771.
Dengan liburan kali ini, berarti saya sudah 2 kali menginap disini. Penginapan ini dari dulu memang gak bisa dibooking, jadi dateng, kalau kosong langsung masuk. Kalau penuh, ya sorry...cari tempat lain aja...banyak kok disekitaran Poppies I atau Poppies II.
Kedin Inn-1 ratenya 175rb untuk single (1 orang), untuk 2 orang Rp 200rb, kami berempat 2 dewasa 2 balita dikenai rate 250rb perhari, tapi cuma dapat jatah breakfast hanya untuk 3 orang. Gimana sih ngitungnya...?
Semua kamar di Kedin Inn-1 pakai AC, kamar mandi shower, tapi gak ada TV. Sebetulnya disekitar Poppies I banyak penginapan dengan rate yang sama dengan Kedin Inn-1, tapi memang lokasi Kedin Inn-1 lebih strategis dan dekat kepantai (kalau sewa mobil jadi gak ribet keluar masuk Poppies I, sehubungan jalannya kecil sekali...).
Di Kedin Inn-1 ada "pool"nya, lumayan asri, dan menu sarapannya standarlah, lumayan.
Untuk tempat makan, disepanjang jl. Poppies I yang paling murah menurut saya adalah restoran "Bamboo Corner". Nasi goreng seafood Rp 10rb per porsi besar, sudah bikin perut sangat kenyang!! Es lemon tea Rp 3rb, lemonnya terasa banget...
Karena murah dan enak, restoran ini selalu penuh...banyak bule-bule makan disini, ngantri!!
Kalau lihat dari luar meja-meja penuh, jangan menyerah dulu, karena mereka juga punya meja didalam yang gak terlihat dari luar. Jadi, masuk aja cek dulu...atau ngantri aja disamping orang yang sepertinya sudah akan selesai makan! Iya, saya perhatiin banyak juga orang-orang yang seperti itu, mau bule ataupun pribumi...sama aja! Memang "Bamboo Corner" top banget lah di Poppies I.
Dua hari pertama, saya ngisi waktu dihotel dan dipinggir pantai Kuta aja moto-moto.
Nih sebagian hasilnya...

Dibandara Soekarno-Hatta terminal 3 yang baru itu lho...

Diatas awan...

Dipenginapan Kedin Inn-1, jl. Poppies Lane I, Kuta

Idem...

Timmy lagi nyantai di hotel Satriya, jl. Poppies Lane II

Nih orang lagi ngapain ya..?
Kalau pagi, pantai Kuta dibersihin pake mobil traktor yang dipasang alat khusus. Jadi sampah-sampah botol minuman dsb bisa tersaring dengan alat itu.

Pool di Kedin Inn-1

Pagi-pagi gadis Bali kasih sesajen diseputaran penginapan


Pantai Kuta


Kebetulan lagi ada acara di pantai Kuta




Sesajen



Massage di pantai

Beach boy Kuta

Nih cewek apa cowok...hayo...??!


Auf wiedersehen...till we meet again.
















Suasana pantai Kuta

Nice to meet you...

Fruit salad sir?


Hmm, yummy...!!






Lukas anak pantai...item!

JJS

Sunset di Kuta

No comments: