Sunday, September 21, 2008

Kekuatan Atau Kelemahan

Untuk diambil hikmahnya...

Kadang kelemahan kita bisa menjadi kekuatan terbesar kita.

Ambil contoh kisah seorang bocah 10 tahun yang memutuskan untuk mempelajari judo walaupun ia telah kehilangan lengan kirinya dalam sebuah kecelakaan mobil.

Sang bocah belajar dari seorang guru judo Jepang. Bocah ini benar-benar belajar dengan baik, sehingga ia sendiri tidak paham, kenapa setelah tiga bulan latihan, sang guru hanya mengajarkannya satu gerakan.
“Sensei, akhirnya sang bocah bertanya, Bukankah saya seharusnya sudah belajar gerakan lainnya?
“Ini adalah satu-satunya gerakan yang kamu tahu, tapi ini juga satu-satunya gerakan yang perlu kamu ketahui jawab sang Sensei.
Walau tidak begitu memahami, tapi ia tetap percaya pada gurunya, bocah ini tetap berlatih dan berlatih.

Beberapa bulan kemudian, sang sensei mengantarkan sang bocah ke turnamen pertamanya. Terkejut pada kemampuannya sendiri, sang bocah dengan mudah memenangkan dua pertarungan pertamanya. Pertarungan ketiga lebih sulit, tapi setelah beberapa saat, lawannya kehilangan kesabaran dan menyerang, sang bocah dengan piawai menggunakan satu gerakannya untuk memenangkan pertarungan. Masih heran dengan kemenangannya, sang bocah masuk final.

Kali ini, lawannya lebih besar, lebih kuat, dan lebih berpengalaman. Untuk beberapa saat sang bocah terlihat tidak sepadan dibanding lawannya. Karena kuatir sang bocah bisa cedera, wasit menyerukan time-out. Ia bermaksud menghentikan pertarungan saat sang sensei menginterupsinya.

“Tidak, interupsi sang sensei, biarkan ia melanjutkan.

Segera setelah pertarungan dilanjutkan, lawannya membuat kesalahan kritikal: ia lalai dalam pertahanannya. Secara cepat sang bocah menggunakan satu gerakan untuk menguncinya. Sang bocah memenangkan pertarungan dan kejuaraan. Ialah sang juaranya.

Dalam perjalanan kembali ke rumah, sang bocah dan senseinya mempelajari kembali setiap gerakan di pertarungan hari itu. Lalu sang bocah berani menanyakan apa yang terus dipikirkannya.
“Sensei, bagaimana saya bisa memenangkan kejuaraan hanya dengan satu gerakan?
“Kamu menang karena dua alasan! jawab sang sensei.
Pertama, kamu hampir memahiri salah satu bantingan tersulit dari semua gerakan di judo.
Kedua, satu-satunya pertahanan yang telah diketahui terhadap gerakan itu adalah dengan cara lawan kamu harus menangkap lengan kiri kamu.

Kelemahan sang bocah telah menjadi kekuatan terbesarnya.

- Penulis asli tidak diketahui -

(bantingan dengan satu tangan pada judo memang adalah teknik tersulit...)

No comments: