Monday, July 07, 2008

Masak Shabu-Shabu di Rumah

Weekend minggu ini gak ada rencana kemana-mana, habis capek juga tiap minggu keluar rumah terus. Si Lukas juga udah protes; 'Papi...jangan pegi-pegi terus donk...!' Nah, trus di rumah ngapain dong? Hmm, iya-ya..gimana kalau masak shabu-shabu aja di rumah..?! Kita dulu memang sering bikin shabu-shabu atau yakiniku dirumah, tapi belakangan ini sudah agak jarang, habis syibuk terus sih n' udah gak ada lagi yang bantuin di rumah alias emaknya Lukas yang sekarang merangkap nyonya rumah sekalian jadi pembokat. Efektif dan efisien! hehe....
Nanya MamiLukas, bikin shabu-shabu ya...?! Ok deh, katanya. Siiplah.
Tadinya mau buat di hari Sabtu, tapi bahan-bahannya kok gak begitu lengkap??! Ya udah, postpone ke hari Minggunya deh. Habis pulang dari gereja (digereja pas ada perjamuan kudus), pulangnya mampir ke Pasar Kopro di tanjung duren, jakarta barat. Ke pasar kopro, niatnya mau beli bahan-bahan buat shabu-shabu, tapi yang dicari duluan malah soto edi (ini juga referensi kang ucup temennya papilukas itu lho..), lah piye..?! Iya, tuh soto khabarnya uenak tenan, kita beberapa kali kesitu selalu kehabisan terus, dan tau gak, kali ini juga begitu, kehabisan lagi!! Ampun deh...! Ya udah, kembali ke tujuan awal; beli kepiting (1.2 kg=Rp 50rb=3 ekor), udang 25rb, kerang 1kg=10rb, cumi 1 ekor=7rb, bakso ikan 10 biji 3rb, bakso daging 1 bungkus 25rb, trus apa ya namanya yang seperti bakso rasa ikan dan kepiting, masing-masing 14rb dan 12 rb perbungkusnya. O ya, sayur-sayuran lagi seribu apa dua ribu tuh...lupa! Sekalian ama belanjaan rumah yang lain; telor dsb, habis 150rb, emaknya Lukas ngomel!! hehe...

Kepiting, kerang, n' udang.
Ini dia, bakso-bakso.an rasa ikan, kepiting dsb, ada juga daging ayam sedikit.

Ini bumbu-bumbunya; Kikkoman soy sauce, Maggi kaldu block rasa sapi, n' yang satunya lagi apa ya...agak jarang dipake sih..!

Hmm, direbus deh...nyam-nyam, maknyuus. Kita cuma masukin kaldu block aja 4 atau 5 bungkus ke dalamnya, bumbu yang lain tergantung selera masing-masing alias gak dicampurin ke dalam panci, serve masing-masing.

Kayak gini nih...pake sambal cap jempol, pedes!! Kikkoman soy sauce.nya ditambahin minyak wijen aja sedkit buat menghilangkan bau anyir seafoodnya.

Siap deh. Peralatannya lumayan lengkap lho. Emang niat, kalau sodara-sodara pada ngumpul, kita bikin beginian aja di rumah. O ya, tikar kayak gini dapetnya di Ace Hardware (dipasar tradisionil atau Carrefour gak ada!).

Kuahnya panas mendidih, rasanya segerr...

Anker bir botol kecil, hmm nikmat....

1 comment:

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!